April 2022
Apa Sih Benang Katun Itu?

Pernah dengar istilah benang katun? Sederhananya, benang katun merupakan produk benang yang dibuat dari serat katun, serat terpopuler di industri tekstil. Kenapa bisa populer? Karena benang katun adalah salah satu produk tekstil paling tua di dunia. Sejak 6.000 tahun yang lalu, benang yang berasal dari buah tanaman kapas ini sudah akrab dengan kehidupan masyarakat. 

Pertama kali berkembang di Pakistan, pemakaian benang katun kemudian masuk ke Eropa dan akhirnya meluas ke seluruh dunia karena karakteristiknya yang lembut, halus, dan cocok di segala cuaca. Dengan kata lain, pakaian berbahan benang katun menghangatkan di cuaca dingin, sekaligus menyerap keringat di cuaca panas. Benang katun dengan warna off-white atau putih gadingnya pun kerap digandrungi. Hal ini karena warna putih mudah melewati proses bleach sehingga menghasilkan ragam warna sesuai pilihan. 

Namun, setiap kelebihan tentu ada kekurangan, tak terkecuali sifat benang katun ini. Benang katun memang menghasilkan produk kain kuat, tapi jika kamu sering melihat tanda bertuliskan 100% cotton di pakaianmu, maka seringnya busana tersebut akan mudah kusut. Beberapa campuran benang katun dengan bahan lain pun membuat hasil produk berkarakteristik menerawang, atau mudah luntur karena proses pewarnaan tak sempurna. Lalu bagaimana solusinya? Kamu bisa memilih pakaian berbahan benang katun yang bercampur dengan material tertentu atau blended, misalnya kain poplin. Kain ini masih terbuat dari benang katun, tapi memiliki bahan tambahan sintetis seperti poliester sehingga dapat menghindarkan pakaianmu dari gangguan kusut. 

Karena sudah berkembang selama bertahun-tahun, tentu ada cara merawat pakaian berbenang katun agar awet. Kamu bisa mengatur suhu air saat mencucinya. Air dingin tentu lebih baik untuk mencuci kain berbahan benang katun ketimbang air panas, supaya tidak mudah menyusut. Saat menyetrika, lebih baik menggunakan suhu hangat agar tidak meninggalkan bekas kuning maupun berlubang. Tak lupa, pisahkan warna kain saat mencuci, terutama kain berbahan cotton yarn yang mudah luntur, agar tidak melunturi pakaian lainnya.

Itulah serba serbi benang katun yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk memilih kain. Kamu juga bisa kunjungi katalog benang kami di laman produk. Yuk, klik sekarang!