May 2022
Apa Itu Open End Yarn dan Ring Spun Yarn?

Benang atau yarn berasal dari serat-serat yang dipintal. Dalam proses pemintalan tersebut, berbagai mesin digunakan untuk memberi karakteristik berbeda-beda terhadap benang, tak terkecuali tipe open end dan ring spun. Secara sekilas, dua jenis benang ini terlihat seragam, bahkan keduanya berasal dari serat yang sama yaitu kapas. Tetapi, proses pembuatannya ternyata dapat memengaruhi kualitas sebuah kain sampai pakaian. Apa saja bedanya? Yuk, kita bahas satu persatu. 

Open End Yarn

Open end yarn diproduksi dari serat kapas pendek yang terlebih dahulu diuraikan, lalu diumpankan pada mesin rotor atau pemutar dengan gaya aerodinamik berkecepatan tinggi, dan ditarik keluarannya secara berkelanjutan dari mesin tersebut. Proses pembuatan benang open end dinilai sangat ekonomis, dan pemutaran berkecepatan tinggi membuatnya memiliki struktur lebih keras. Selain kapas, poliester juga kerap menjadi serat dari olahan open end yarn

Ring Spun Yarn

Ring Spun Yarn merupakan benang yang berasal dari serat panjang, baik kapas, rayon, maupun poliester. Dalam proses pembuatannya, tipe benang ini diklasifikasikan menjadi combed dan carded. Jika open end yarn memanfaatkan mesin rotor berkecepatan tinggi, benang ring spun didapat dari proses penyisiran dalam mesin yang memisahkan serat-serat pendek. Meskipun produksinya tak secepat benang open end, ring spun yarn memiliki hasil benang kuat dan halus. 

Karena mesin dan proses pembuatannya sudah berbeda, open end yarn dan ring spun yarn punya karakteristik tersendiri yang dapat digolongkan dari sisi kekuatan, sifat, dan struktur.

Benang open end cenderung lemah dan mudah terbuka ketimbang benang ring spun, hal itu karena tingkat kesejajaran dan struktur twist-nya yang rendah. Meskipun lemah, benang open end memiliki daya serap tinggi dan membuatnya sanggup menciptakan warna-warna cerah pada kain. Sementara, benang ring spun lebih unggul dari open end di segi struktur datarnya dan kehalusan, sehingga cocok digunakan dalam pembuatan alat tidur yang menomor satukan kenyamanan.

Duniatex menyediakan koleksi benang mulai dari ring spun sampai open end dengan kombinasi serat alam maupun sintetis. Untuk pembelian, silakan kontak kami di sini!