November 2022
3 Pola Rajutan Pada Kaus, Mending yang Mana?

Pernah bertanya-tanya apakah kaus punya struktur pembentuk berbeda-beda? Dan apakah struktur jahitan berpengaruh dalam keawetan dan kenyamanan kaus sendiri? Dalam artikel kali ini, pertanyaan tersebut akan terjawab dengan membedah rentetan pola rajutan pada kaus, juga manfaat dan kelebihan mereka yang akan menambah kualitas produk pakaian nantinya. Yuk, kita bahas satu per satu!


Single Knit (Rajut Polos)

Sisi paling mencolok dari pola rajutan single knit atau single jersey adalah perbedaan tekstur dan jahitan pada sisi dalam dan luar. Karenanya, kaos dengan pola single knit hanya dapat dipakai satu sisi saja. Adapun keuntungan dari kain single knit adalah mudah ditemukan di mana saja, bahkan kaus secara umum dibuat dari kain single knit yang membawa rasa elastis, nyaman dan ringan.


Double Knit (Rajut Rangkap)

Dirajut secara rangkap, kaus dengan kain double knit atau double jersey dinilai punya tekstur lebih tebal dan solid jika dibandingkan dengan single knit. Kedua sisi luar dan dalam memiliki tekstur serupa sehingga kamu bisa pakai kedua sisinya. Karena lebih tebal dan awet, kain double knit kerap digunakan sebagai bahan pakaian olahraga ataupun kaus polo.


Rib Knit

Serupa dengan double knit, rib knit dirajut rangkap dan ujung kainnya tidak melengkung saat dipotong. Kain dengan rajutan knit dinilai awet karena teksturnya yang padat dan elastis. Makanya, rib dengan jenis 1x1, 2x2, dan 2x1 kerap kali diaplikasikan pada manset, kerah, waistband pada celana, dan garmen pas badan (khusus untuk rib knit dengan angka deretan wale yang lebih banyak).


Interlock Knit

Bagi kamu yang mencari alternatif double knit dengan tekstur yang jauh lebih lembut, bahan kaus dengan tenunan interlock knit merupakan solusinya. Selain strukturnya yang kokoh, tenunan interlock knit memberikan efek “faint pattern” atau tekstur yang halus di permukaan sehingga cocok untuk bahan pakaian bayi dan tank top atau kamisol yang membutuhkan tekstur halus. 


Mana yang lebih baik? Tentu semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan, dan semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk memilih bahan terbaik kaus terbaik versimu, ya. 


Duniatex menyediakan bahan kain kaus dengan kualitas dan jenis tenunan terbaik. Hubungi kami melalui ikon Whatsapp untuk penjelasan lebih lanjut dan penawaran menarik lainnya.